Selasa, 21 September 2010

Indonesia Bisa Mengurangi Pengangguran

Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam kebudayaan. Sebenarnya, dengan letarinya kebudayaan tersebut, maka dapat membantu ekonomi negara ini dan dapat mengurangi pengangguran.

Ini hanya cara berpikir saya tentang bagaimana cara mengurangi pengangguran. Setiap daerah tentu memiliki suatu kebudayaan dan adat istiadat masing-masing. Alangkah lebih baik jika setiap daerah melestarikan kebudayaannya. Kemudian,para pemuda atau orang-orang yang belum memiliki pekerjaan sebaiknya membentuk suatu komunitas. Komunitas itu nantinya akan melestarikan budaya daerahnya kemudian memperkenalkan budaya ataupun adat istiadat tersebut kepada orang yang berasal dari daerah lain, atau bahkan kepada orang yang berasal dari negeri.

Hal tersebut juga dapat menunjang ekonomi dari bidang pariwisata. Karena seperti kita ketahui,bahwa Indonesia masih belum bisa memanfaatkan keanekaragaman ini secara maksimal. Terbukti dari sedikitnya kebudayaan yang dijadikan tempat wisata jumlahnya sangat minim. Yang terkenal hanyalah wisata di pulau Bali. Mungkin, bisa dikatakan bahwa kita dapat melihat kebudayaan Indonesia hanya dari Taman Mini Indonesia, yang menunjukkan beragam rumah adat.

Coba saja kita pikirkan, kalau kita semua bisa melestarikan budaya kita. Selain mengurangi pengangguran, kita juga dapat membantu ekonomi rakyat. Dan yang lebih penting lagi, kita dapat memperkenalkan kepada dunia betapa indahnya negeri kita, betapa hebatnya negeri kita, karena bisa tetap utuh dengan keragaman budayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar